Cara Mudah Budidaya Tanaman Binahong

04:06
Hasil dari budidaya simple
Beberapa tanaman obat sudah banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari hari. Ada yang banyak ditemukan didapur ataupun yang sudah diracik menjadi obat.  Bonahong, Tanaman rambat yang mempunyai banyak khasiat dan manfaat. Tanaman pendatang baru ini jarang kita temui didapur. Kebanyakan ditemui dipekarangan rumah, kebun kecil atau pun didalam pot. Karena disamping penggunaanya sebagai tanaman obat juga sangat manjur bila digunakan sebagai tanaman hias didepan rumah.

Sudah banyak blog yang memposting khasiat tanaman ini misal pada halaman berikut Manfaat dan Cara membuat obat dari Daun Binahong. Jadi kali ini saya akan membahas bagaimana cara membudidayakan tanaman obat yang punya khasiat manjur ini.

Pada perumahan yang lahan tanahnya sangat minim bisa digunakan didalam pot yang berukuran sedang. Ditanam di beberapa pot misal 3 pot saja, sudah bisa memperindah bagian depan rumah juga menjaga kesehatan anda. Caranya cukup mudah, hanya dengan membeli 3 pot plastik dan 1 roll tali kalas. Tapi dalam pembahasan kali ini saya memanfaatkan bahan yang cukup mudah pula.

1)    Sediakan 5 gelas plastik bekas yang sudah dibersihkan.
Bahan ; Gelas plastik



2)   Bocor / beri lubang resapan air pada bagian bawah gelas ini. Gunanya, apabila kita menyiram tanaman ini maka air tidak tergenang didalam gelas dan memperlancar peredaran air setiap hari. Anda bisa memberi lubang pada gelas ini dengan menggunakan pisau atau paku pada sisi gelas bagian bawah.

3)     Sediakan tanah yang sudah dicampur dengan beberapa pupuk.

4)   Masukan tanah yang sudah dicampur tadi kedalam gelas plastik dan gunakan tekanan tangan untuk membantu rapatnya kondisi tanah didalam gelas.

5)  Ambil beberapa potong daun binahong dari batang yang rambatanya sudah lebat. Karena apabila cabang binahong ini dipotong maka akan tumbuh cabang baru yang menambah kelebatan tanaman ini.

Beberapa potong kecil daun Binahong


6)      Cara pengambilan dengan menggunakan ujung kuku untuk memotong atau agar lebih aman silahkan menggunakan pisau. Potong bagian ujung cabang, ada baiknya yang sudah punya pucuk baru.

7)      Apabila 5 potong cabang sudah tersedia. Maka, gunakan lagi pisau untuk memberi lubang pada tanah yang ada dalam gelas plastik. Masukan batang binahong ini kedalamnya. Pastinya bagian ujung diatas dan bagian batang dibawah. Karena kadang apabila batangnya yang sama besar dan pucuknya yang belum keluar maka sulit membedakan yang mana bagian pucuk yang mana batang.

8)      Jangan lupa mengucapkan basmalah sebagai langkah awal memulai sesuatu.
Cukup mudah bukan? Maka tunggu apa lagi untuk mulai menanam obat hias. Setelah ditanam jangan lupa letakan ditempat yang aman, bebas dari gangguan hewan ataupun anak – anak. Juga jaga suhu dan atur pengenaan sinar matahari. Agar pertumbuhannya semakin cepat.

Note : Ukuran pot sangat mempengaruhi lebatnya rambatan dan besarnya batang. Jadi sangat dianjurkan menggunakan pot yang sedang agar rambatan akar bisa semakin baik. Gambar diatas sebagai contoh karena nantinya akan dipindahkan ke lahan (kebun) yang kondisinya sangat memadai. 
Apabila kondisi tanaman sudah tumbuh maka akan dipindahkan ketanah dengan cara melubangi full bagian bawah gelas. Tanam beberapa kayu atau bambu kecil disamping pot yang tadi agar batang lebih mudah mencari perambatanya.


Ikatkan tali pada batang kayu tersebut sebagai sambungan perambatan batang binahong. Lalu, pada bagian atas ikatkan diplafon teras atau bagian kayu sambungan antara seng. Karena batang akan terus merambat dan apabila sudah lebat maka anda akan leluasa memetik daunya untuk digunakan sebagai obat. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
Dea Aprilya
AUTHOR
22 December 2017 at 20:56 delete

setelah membaca artikel ini saya jadi tahu bagaimana cara budidaya tanaman binahong. untuk para pembaca jika ingin melihat berbagai macam bibit tanaman, silahkan kunjungi agrobibit , terimakasih

Reply
avatar

Like this ya