Tips Santai Menghadapi Mid Test

03:59
Ceritanya Dosen sama Mahasiswa :D
Mid test adalah ujian yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan mahasiswa. Namanya saja test (ujian) bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman mahasiswa dalam sebuah mata kuliah. Dan tingkat keberhasilan ini akan diukur dari mid test. Meskipun mid test tidak memiliki pengaruh besar pada hasil akhir dari nilai yang akan diberikan dosen kepada kita, tapi perlu diusahakan secara maksimal untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki agar mendapatkan nilai yang memuaskan. Anda tidak mau kan dianggap bodoh dari pelajaran beberapa bab? Makanya anda harus membuktikan dengan nilai yang maksimal dari hasil mid test anda. 

Mid (pertengahan) belum masuk ke final. Sebagian besar mahasiswa beranggapan bahwa mid test tidak begitu berpengaruh dalam dunia pengejaran nilainya. Makanya kebanyakan dari mereka mencoba menciptakan trik cepat menjawab soal (yang pasti tidak membakar kemenyan). Solusi aneh yang ada, biasanya dengan menyediakan handphone, sebagai sarana untuk browsing saat terhindar dari pandangan dosen. penyimpanan handphone ini pun bervariasi. tergantung kreatifitas mahasiswa masing masing. Ada yang menyembunyikan di saku celana, kantong baju, dibalik hijab, baju dalam kaos kaki, sepatu dan semacamnya. 

Solusi aneh kedua adalah dengan membuat catatan kecil sepanjang dan serapi mungkin. Tujuannya sama, apabila terhindar dari pandangan dosen,
maka akan tercipta peluang untuk menyalin catatan kecil itu. Dengan catatan harus sesuai dengan apa yang diinginkan pada soal. 

Beranjak dari langkah negatif diatas. Harusnya kita sebagai mahasiswa yang beriman dan berakhlak mampu mendorong diri ke arah yang lebih baik dan lebih positif. Misalnya saja :

1) Berusaha

Berusaha dalam hal ini bukan dengan mengangkat beban berat. Tapi, membaca semua catatan pada pelajaran yang pernah diajarkan dosen. Sebagai mahasiswa pasti ada point terpenting dari yang pernah diucapkan oleh dosen, dan dirangkum dalam buku catatan pribadi. Nah, pada saat mid test waktunya kitab rangkuman ini untuk dibuka kembali. Namanya saja mid test maka catatan tidak akan terlalu banyak untuk diulangi, dan tergolong masih baru dipelajari dan diserap oleh otak kita. Jadi kita harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin kondisi baru dan sedikit ini. 
Tidak perlu menghafal seperti pelajaran PKN sewaktu sekolah dulu. cukup memahami intisari dari hasil rangkuman yang telah kita buat. Apabila tidak punya rangkuman, bisa meminjam dari teman yang dianggap pintar dikelas. 

2) Bangun Pagi

Mengapa bangun pagi itu penting ? Karena Bangun pagi dapat menyegarkan perasaan, dan tubuh kita menjadi bugar. Asalkan jangan begadang terlalu malam. Dengan Bangun pagi maka segala kegiatan yang akan dilakukan dihari ini akan dipersiapkan dengan baik. 

3) Menyiapkan Kelengkapan Mid

Perlengkapan adalah hal yang paling utama. Jika semua sudah kita lakukan, maka perlengkapan sangat penting untuk kita sediakan. Apa gunanya jika sudah berada di medan pertempuran tapi tidak membawa senjata apa pun. Bukan hanya perlengkapan pribadi yang harus disediakan. Tapi, perlengkapan dikelas juga harus siap. Makanya pengaturan kursi yang baik akan menarik minat kepada dosen untuk berlaku baik pada saat mengawasi kita ujian. 

4) Berdoa

Setelah berusaha semaksimal mungkin, bangun pagi dan mempersiapkan diri, maka jangan lupa untuk berdoa sebagai ujung ikhtiarmu hari ini. Jika semua kemungkinan telah kamu rencanakan dengan baik, maka segala urusan harus kamu serahkan kepada yang maha kuasa sebagai pengatur dari kehidupan anda.

Itulah Tips menghadapi mid test menurut saya. Semoga mid testnya sukses bagi yang sudah kuliah atau masih berstatus sebagai pelajar :).


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Like this ya