5 Cara Singkat Mengganti Template Blog (Hijrah template)

06:53
Gambar 1 ; Template lama
Setelah beberapa tahun (kira kira tiga tahun) bergelut dengan template diatas, akhirnya saya memutuskan dengan hati yang loyal untuk memilih tema dibawah. 
Gambar 2 ; Hasil penggantian template baru


Entah angin laut atau angin darat yang menghempas dari arah yang tidak jelas sehingga saya lebih tertarik kepada desain simple gambar kedua.  minimalis dan bisa memunculkan pesan per postingan yang saya inginkan. 


Sebenarnya saya cukup nyaman dengan template yang pertama, tapi saya ingin hijrah ke arah yang lebih baik, dengan desain dan tampilan baru semoga saya bisa membawa diri saya ke arah yang lebih baik untuk berbagi yang saya ketahui.
Penampilan memang yang paling utama "Pendapat kaum fashionable". Memang bagi mereka yang bergelut didunia hiburan butuh penampilan luar yang serba perfect ; sempurna. Agar orang orang yang melihatnya menjadi terpukau, dan kaum fashionable ini akan merasa memukau. Sehingga perjuangannya untuk memperindah dirinya menjadi bermanfaat.
Begitupun dengan dunia blogger, penampilan blog adalah hal yang sangat mendukung dalam SEO dan pembaca blog. Jika tampilan blog terlalu ribet maka akan membuat pembaca bingung, dan merasa tersesat di hutan kita. Dan bila tampilannya simple akan mudah memenuhi kebutuhan si pembaca untuk menjelajah dalam blog kita, yang penting semua tombol dipasang tepat pada tempatnya.
Resep memilih template yang sesuai adalah dengan menyeimbangkan antara kreatifitas dan perasaan. Memang kreatifitas lahir dari perasaan tetapi perasaan mampu mengguggah kreatifitas seseorang. Semakin perasa orang itu maka akan semakin tinggi kreatifitasnya. Tidak ada Landasan teori yang saya temukan untuk ini, ini murni dari apa yang saya rasakan :D. Jika kreatifitas yang hanya lahir dari otak maka tidak akan menutup kemungkinan hasil dari kreatifitasnya itu hanya mengedepankan prinsip kepentingan, bukan keindahan. Dan, jika kepentingan yang jalan maka hasil yang diperoleh akan terasa hampa.  jiahhhh....

Berikut cara mengganti template menurut saya :
  1. Pastikan template yang anda inginkan sudah tersedia. (sudah terdownload, jika belum silahkan download dari beberapa file yang disediakan di google). 
  2. Jika file berbentuk .rar  Silahkan ubah kedalam bentuk Folder dengan cara klik kanan file tersebut -> pilih Extract Here. maka akan muncul beberapa pilihan seperti pada gambar berikut.
  3. Gambar 3 ; Pilih file yang memiliki format XML
  4. Masuk kedalam akun blogger, pilih template kemudian pilih cadangkan yang ada pada bagian kanan tampilan blog
Gambar 4 ; Klik cadangkan
4. Maka akan muncul tampilan berikut.  Silahkan pilih pilih file template yang akan diunggah dari folder di komputer anda. Pilihlah file yang berbentuk xml.
Gambar 5 ; Tampilan mengunduh file template

5. Setelah memilih file dengan bentuk xml. Lalu klik unggah maka tampilan template blog anda akan berubah.

Setelah semua terganti, ubah pikiran anda menuju pola hidup yang lebih baik lagi dan bermanfaat untuk sesama. Selamat mencoba.

@zyuk_ron

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Like this ya