Cara Membuat Menu Label pada Bagian Header Blog

07:13

Hasil optimasi Menu dari Label
Setelah mengetahui apa itu Kopblog (Header). Sekarang, kita akan membuat tampilan blog lebih menarik dengan tampilan menu. Dimana Menu bisa mempermudah pengunjung blog untuk mencari yang ada dibenaknya melalui blog yang sedang dikunjungi.

Sebenarnya ada beberapa cara yang digunakan bloger untuk optimasi menu dalam blognya, misalnya saja, laman dan label yang pernah saya coba dalam template sebelumnya.Semua tujuannya sama, yaitu untuk mempermudah penjelajahan dalam suatu blog.

Baiklah, langsung saja pada pokok pembahasan yaitu membuat menu dari label yang ada setiap kali membuat postingan.  Label tersebut adalah kumpulan artikel yang temanya sama dan saling berhubungan, sehingga ketika seseorang mengklik bagian label tersebut maka akan muncul beberapa postingan yang temanya sama. Jadi jika kita tertarik pada beberapa postingan dalam sebuah blog, silahkan klik bagian label. Sayangnya letaknya kadang tidak sesuai dengan template blog kita. Makanya dengan adanya optimasi menu pada bagian header blog akan semakin membuat tampilan blog kita sejuk, adem dan elegan.

Berikut langkah - Langkahnya.
1) Langkah awal sama dengan mengganti template blog. Tapi kali ini Klik Edit HTML pada bagian bawah tampilan mini di blog. Maka akan muncul tampilan seperti Gambar 2

2) Tekan Ctrl + F untuk mempermudah pencarian.

3) Setelah itu tuliskan nama menu yang ingin diganti. Yang ada pada tampilan blog yang templatenya sudah terpasang menu otomatis. Anda tinggal mengubah nama dan alamat menu tersebut sesuai nama yang Anda inginkan.

Gambar 2 ; Cari kata kunci


4) Setelah nama menu diganti. Sekarang isi alamat url yang dicopy dari alamat salah satu label yang ada pada blog kita. Contoh pada gambar 3 dibawah ini.


Gambar 3 ; Copy alamat url pada blog anda. dan paste di html template.

 5) Setelah dicopy, Silahkan Paste pada tanda pagar desain html template blog anda. Alamat url akan berwarna merah. Jika tidak, perhatikan spasi antara kedua tanda kutip disamping kiri dan kanan alama url.
Gambar 4 ; Ganti tanda pagar dengan alamat (url) Label pada blog kita
 6) Simpan template dan lihat perubahannya. Seperti gambar pertama

Selamat mencoba.
Note : Cara ini untuk blog yang sudah memiliki tampilan menu pada template blognya. Jadi silahkan bereksperimen dengan kode kode html.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Like this ya