Aksi Untuk Indonesiaku

01:31


Aksi Untuk Indonesia Lebih Baik
Salam para sobat sobatku se-indonesia!. Menurut kalian mengapa sih kita mesti punya banyak teman.? Kalau menurut aku yah mungkin karena kita bisa saling berbagi dan bertukar informasi. Nah! Apa jadinya bila kita punya banyak teman tapi tak saling menyapa. Sekarang ini banyak orang yang tidak saling mengenal padahal mereka berada dalam satu tempat/lokasi yang sama, bahkan ada yang tidak mengenal satu kampungnya sendiri. Masyaallah! Para sahabat se-indonesia harusnya kita dapat saling menjaga rasa persaudaraan antara sebangsa kita. Jangan sok – sok berteman dengan orang luar negeri, sedangkan orang yang berada di negerinya sendiri dilupakan. Nah dari berbagai aspek inilah kita sebagai pemuda Indonesia harus melakukan aksi yang nyata demi mewujudkan satu kasatuan di dalam bangsa kita. Adapun aksi untuk indonesiaku yang dapat penulis tuturkan dalam kesempatan kali ini adalah Menyambungkan kembali Tali Silaturahmi, Membiasakan Budaya Malu, Memberikan Pendidikan Karakter dan Bertindak Jangan Pilih Kasih.
Berikut penjelasan masing masing :
1.      Menyambungkan kembali Tali Silaturahmi
Bersatu




Tali silaturahmi adalah ikatan yang harusnya kita selalu jaga, jangan sampai putus. Bila kita biarkan terputus maka kita tidak lagi yang dapat saling mengenal apalagi berbagi satu sama lain. Lebih baik bersilaturahmi dari pada melakukan aksi tawuran yang hanya memberikan dampak kerusakan pada lingkungan dan bangsa. Aksi yang pertama untuk Indonesiaku tercinta adalah menyambungkan tali silaturahmi. Baik antara kalangan pemuda, komunitas, pekerja, pelajar, mahasiswa dan dsb. Apa jadinya suatu bangsa apabila rakyatnya tidak saling menjaga ikatan silaturahmi yang ada. Itu hanya dapat membuat negara itu kacau dan memberikan peluang kepada negara lain untuk masuk, merusak dan menjajah bangsa kita. Aksi untuk menyambungkan tali silaturahmi antara sebangsa dan setanah air tidaklah mudah namun tidak susah juga, artinya sekarang ada sih perkumpulan atau komunitas yang melibatkan pemuda-pemuda di Indonesia bersatu dalam satu forum namun mungkin perkumpulan tersebut hanya merupakan kegiatan studi saja, tidak melibatkan semua kalangan dan wilayah di seluruh Indonesia, hanya menampung pemuda yang berpendidikan dan tinggal dikota. Sedangkan pemuda – pemuda yang ada didesa yang tidak berpendidikan tidak mempunyai kesempatan untuk ikut bergabung dan menuangkan pikiran.
Mungkin karena Indonesia terdiri dari pulau pulau yang berjauhan sehingga ikatan silaturahmi juga ikutan jauh, itulah susahnya menyambungkan tali silaturahmi antar sebangsa. sedangkan mudahnya, apabila event–event akbar dilaksanakan maka ada satu kesempatan bagi pemuda dan warga Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan yang ada agar dapat saling menyambungkan tali silaturahmi antara sebangsanya sendiri, namun ini hanya menyatukan perwakilan – perwakilan dari setiap daerah saja. Harusnya dari pihak pemerhati generasi bangsa menciptakan suatu komunitas yang dapat menampung seluruh perwakilan dari berbagai kalangan yang ada di Indonesia, agar dapat saling berkumpul dan bertukar pikiran. Disinilah juga dibutuhkan peran internet sebagai media sosial yang dapat menghubungkan seluruh kalangan masyarakat agar dapat menyambungkan kembali tali silaturahmi.



2.      Membiasakan Budaya Malu
Harusnya Malu Pada Diri Sendiri
Aksi yang kedua untuk Indonesiaku adalah membiasakan budaya malu. Apabila budaya ini diterapkan pada bangsa kita maka tidak adalah perilaku semena – mena yang tertuang dan merusak cerminan budaya Indonesia. Budaya Indonesia terkenal sebagai budaya yang ramah, namun ada saja orang yang selalu merusak julukan tersebut di negara kita, Indonesia, satu yang berbuat maka semua kena. Dengan adanya kata tersebut maka kita sebagai bangsa Indonesia harusnya menjadi malu apabila dicap sebagai negara ketiga dengan tingkat koruptor terbanyak. Akibat ulah dari orang – orang yang hanya mementingkan kepentingan pribadi maka merusak nama negara. Orang – orang yang seperti inilah yang harusnya perlu didikan bukan hanya anak SD saja yang ditempa moralnya.
Malu pada diri sendiri adalah suatu hal yang harus menjadi dasar kita alam melangkah, artinya malu dalam hal yang positif itu wajar seperti malu karena mencuri, malu karena dipenjara, malu karena korupsi dll, tapi budaya malu yang negatif seperti malu karena tinggal di desa, malu karena bersekolah dipedalaman itu tidak boleh kita budayakan. Saya pikir bangsa Indonesia itu mampu menempatkan dirinya dalam budaya malu yang semestinya. Sebagai pelajar kita harus menerapkan budaya Malu ketika tidak menghargai hasil kerigat orang tua yang bekerja mati–matian demi membiayai sekolah anaknya. Kita disekolahkan agar kita mempunyai sikap sopan santun. Seharusnya kita malu  sebagai anak yang katanya sudah belajar, berpendidikan tinggi tapi kata-katanya tidak sopan. Budaya Malu Meremehkan Orang lain, jangan menganggap bahwa dirimu-lah yang serba bisa dan kamu meremehkan orang lain yang menurutmu sangat rendah dihadapan kamu. Kamu akan sangat malu apabila orang yang kamu anggap tidak bisa itu mungkin lebih bisa dibandingkan dengan-mu. Karena hal ini sudah membudaya dengan perilaku egoisme yang tinggi kita harus hapuskan budaya – budaya malu yang seperti ini.
Apabila semua orang di tanah air tercinta kita ini mau membudayakan rasa malu khususnya pada diri sendiri maka segala hal pasti akan lebih baik. Tak ada lagi egoisme yang terlalu tinggi yang terlalu memuncak, tak ada lagi kebodohan, tak ada lagi sikap meremehkan dan pastinya negara akan maju apabila kita sebagai generasi bangsa mampu melakukan aksi membudayakan rasa malu untuk Indonesia tercinta.

3.      Memberikan Pendidikan Karakter
Pendidikan Karakter


Pendidikan karakter yang dulunya membudaya di negara kita terhapus secara perlahan. Dunia Pendidikan yang  mendidik otak untuk berpikir logika seharusnya juga memperhatikan etika – etika dan pemahaman kepada semua peserta didik untuk bertindak lebih baik dan tidak semena – mena. Program pendidikan karakter tidak hanya diajarkan kepada kalangan berpendidikan saja, tapi harusnya diajarkan kepada semua rakyat Indonesia, karena pendidikan karakter merupakan aspek penting dalam aksi untuk Indonesiaku lebih maju. Artinya suatu bangsa akan tercermin dari karakter para masyarakatnya. Apabila masyarakat banyak yang yang selalu berbuat keonaran maka negara tersebut sudah tercermin sebagai negara yang memiliki karakter kurang dan ini semua perlu tindakan dari pemerintah agar masyarakatnya dapat bertindak lebih kolektif.
Banyak orang yang mengetahui bahwa tindakan yang dia lakukan itu salah tapi mengapa karakter seperti ini masih saja ada didalam dunia kita. Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda hal ini menunjukan bahwa kepribadian bukanlah karakter. Karakter itu adalah sifat yang terbentuk dari suatu proses, baik dari lingkungan sekitar maupun dari cara bergaul, memiliki kelemahan dan berusaha untuk menjadikan kelemahannya sebagai suatu kelebihan adalah ciri seseorang yang memiliki karakter yang kuat. Pendidikan Karakter merupakan pemberian petunjuk atau arahan mengenai berbagai jenis nilai hidup, seperti kejujuran, kecerdasan, kepedulian terhadap sesama. Dan hal ini adalah pilihan dari masing-masing individu yang perlu dikembangkan dan perlu dibina, mulai usia dini.
Karakter tidak akan terbentuk secara langsung namun membutuhkan waktu yang cukup lama. Sepanjang manusia itu masih waras. Maka dari itu pendidikan karakter perlu senantiasa dibina dan dikembangkan pada generasi muda penerus bangsa. Kita telah mengetahui bersama bahwa dinegara kita telah terjadi banyak sekali kasus tawuran antar pelajar atau antar mahasiswa, ini merupakan salah satu dampak dari kurangnya pendidikan karakter. Karena Karakter adalah tanggung jawab yang dipegang oleh setiap manusia sebagai modal yang harus dimiliki pemimpin-pemimpin bangsa ini. Agar Indonesia bukan hanya negara yang memiliki warisan budaya yang banyak saja. Akan tetapi bangsa Indonesia akan menjadi negara besar karena karakter yang baik yang dimiliki oleh setiap masyarakat Indonesia.

4.      Bertindak tidak Pilih Kasih
Jangan Pilih Kasih Mama
Aksi terakhir untuk Indonesia lebih maju adalah bertindak tidak pilih kasih. Pilih kasih adalah suatu fenomena yang juga sudah membudaya di negara kita. Misalnya saja kamu mempunyai suatu perusahaan pasti yang lebih kamu pentingkan untuk bekerja adalah sanak saudara kamu sendiri. Lalu bagaimana dengan nasib orang lain yang bukan merupakan keluarga kamu akan diterima bekerja apabila porsi untuk keluarga sudah cukup. Juga tergambar pada hukum dinegara kita Indonesia, mengapa hukum  dinegara kita ini dapat diperjual belikan.? Apakah ini merupakan salah satu tindakan pilih kasih.? Jawabannya iya, karena orang yang memiliki uang banyak pasti akan lebih mudah untuk membeli hukum di negara kita. Bukti yang nyata dari keadaan diatas adalah para pejabat yang dipenjara karena terjangkit kasus korupsi memiliki fasilitas yang baik dan nyaman pada saat berada di dalam tahanan. Disini kita sebagai generasi muda harus mampu menempatkan diri untuk mengambil pelajaran dari problema PILIH KASIH di negara kita. Dan ini tidak patut kita contoh.
Agar negara kita lebih aman dan nyaman dihuni hilangkan rasa pilih kasih khusnya kepada pihak pemerintah dan pihak yang berwajib. Kami selaku pemuda Indonesia mengharapkan kepada pihak pemerintah agar tidak pilih kasih dalam memperlakukan seluruh warga Indonesia, jangan ada pandangan terhadap perbedaan ras, agama, status sosial dalam pengambilan keputusan. Yang pasti keadilan di bidang hukum harus benar-benar ditegakkan sesuai dengan undang-undang yang berlaku, jangan ada pilih kasih antara si miskin dan si kaya. Siapapun yang tidak mematuhi peraturan yang berlaku wajib dilakukan tindakan tegas sesuai dengan berat kesalahan  yang dilakukan.
******
Itulah beberapa Aksi Untuk Indonesiaku Lebih Baik. Yang pasti agar negara kita ini menjadi negara yang harmonis damai dan sejahtera kita harusnya saling bersatu dan tidak saling bercerai berai dengan keadaan yang semakin terpuruk. Salam Indonesia Bersatu !!!!! saya rasa anda dapat mengunjungi www.lintas.me untuk mengetahui beberapa aksi untuk indonesiaku lainnya..kalau anda berminat dalam lomba blog yang diadakan oleh  http://www.lintas.me dengan Tema Aksi Untuk Indonesiaku. Silahkan berpartisipasi aja di  http://www.lintas.me/blog_aksi_indonesiaku. 
Wassalamu alaikum wr.wb

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Like this ya