Wahai Sahabat

08:25

Nabi Muhammad Saw, Utamanyamengajarkan islam  kepada sahabat sahabat terdekatnya. Atas peran para sahabat nabi ini menjadikan eksistensi islam terus berlanjut setelah baginda Muhammad Saw wafat. 

Menjadi seorang sahabat yang baik merupakan hal yang tidak begitu gampang dan tidak begitu susah menurut saya. Apalagi kita mempunyai sahabat dalam setiap sendi kehidupan kita, misalnya di kampus, di sekolah, ditempat kerja, atau di dalam lingkungan. Sahabat, berperan penting dalam pengambilan keputusan dalam masalah apapun yang diluar dari tanggungan orang tua. Dia selalu punya cara untuk membuat sahabatnya bisa menikmati dunia dengan caranya sendiri. Disaat teman menjauh hanya kehadiran sahabat yang dinantikan.

   Ada seseorang dengan sebuah karakter yang sering mengalami masalah, tapi dia tidak bisa mengungkapkan atau pun menguraikan secara detail masalahnya ini kesetiap orang. Padahal dia punya kecakapan berbicara yang baik. Pada saat sedang terlibat masalah, selalu ada dalam benaknya untuk bercerita kepada orang lain (sahabat). Tapi terkadang pada suatu kondisi Keinginan untuk menceritakan masalah itu langsung hilang seketika pada saat bertemu orang yang ingin diajak untuk mendengarkan curhat kita (sahabat) ini. Entah suntikan macam apa yang dimiliki oleh seorang sahabat ini apabila kita bersamanya semua masalah langsung hilang, tapi pada saat sudah tidak bersamanya lagi, masalah itu kembali muncul dan berkembang di otak.

    Ketika didalam bekerja / mengerjakan sesuatu bersama sahabat teman atau tim kerja, sebaiknya dalam berkata atau memberi instruksi harus memperhatikan perasaan orang yang ingin menerima instruksi dari kita. Misalnya saja, ketika teman kerja mengerjakan sesuatu dan tidak sesuai dengan kehendak kita sebagai ketua tim, jangan sekali kali mengeluarkan kata misal “bodoh kamu! Bukan begitu maksud saya” hal tersebut memang kedengarannya biasa menurut si yang mengungkapkan, tapi alangkah sakit hatinya orang yang dikatai bodoh tersebut. Meskipun dia tidak menampakan wajah benci atau tidak enak hati kepada ketua. ia hanya bisa menahan, agar tidak terkesan membangkan kepada ketua tim.

   Contoh lain, ada seorang teman yang sama sama mengerjakan sesuatu, tapi pada saat kita salah langkah seorang  teman ini langsung unjuk tangan untuk memperbaiki, hal negatifnya dia bukannya menasehati tapi seperti membentak dan sok pintar serta tidak mau menerima pendapat. Bukannya pendapat itu hanya bisa dihadirkan dalam diskusi saja, tapi dalam bekerja dan mengaplikasikan apa yang dipelajari juga bisa menghadirkan pendapat baru diluar dari yang didiskusikan. Karena,  praktek kadang tidak sesuai dengan teori.

    Ada banyak tipe sahabat di dunia ini, tergantung kondisi, dan tempat dimana kita berada serta merasa nyaman bersahabat dengan semua orang. perlu persahabatan untuk membentuk organisasi yang sehat demi mewujudkan apa yang diinginkan bersama.

      Bagaimana pun bentuk sahabat, ia akan selalu menegur disaat kita sudah mulai sombong, mengingatkan disaat kita terlupa dan membimbing menuju ridho dan rahmat Allah di dunia dan diakhirat kelak.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Like this ya