Keindahan Gua Mimpi Bantimurung

18:12
Gua Mimpi Bantimurung Terletak di kecamatan Simbang kabupaten Maros, dengan jarak kurang lebih 15 km dari kota Makassar dengan waktu tempuh sekitar 1.5 jam. yang waktunya bisa lebih cepat apabila menggunakan jalan tol. 
Air terjun Bantimurung ini berada di pegunungan batuan
karst yang membentang sekitar 15 km dari kabupaten Maros hingga kabupaten Pangkep. Terkenal sebagai kerajaan kupu kupu yang ditemukan oleh seorang peneliti warga negara Inggris, Alfred Russel Wallace (1823-1913) yang memberikan julukan terhadap Taman Wisata Alam (The Kingdom of Butterfly), setelah menemukan ratusan jenis kupu-kupu endemik di Bantimurung di antaranya Catapsilia pamona flava, Anartia sp, Calastrina sp, Danis sp, Papilio, dan Vindula arsinoe. dll.
Terdapat dua buah gua yang bisa dukunjungi dikawasan ini, yaitu gua Batu dan gua Mimpi. dimana letak gua batu ini didekat air terjun pertama dengan melakukan perjalanan menaiki tangga yang terdapat disamping air terjun. menelusuri jalan berliku hingga menemui danau yang airnya sangat tenang tapi berbahaya. dibagian luar terdapat banyak tempat penyewaan senter apabila anda hendak masuk untuk sekedar melihat lihat keadaan dalam gua. Sedangkan letak gua mimpi yang berada diseblah kanan tempat wisata ini mengharuskan pengunjung untuk dipandu sebagaimana letaknya yang jauh dan jalanan yang agak sedikit rumit ini sangat mustahil bagi para pengunjung yang baru berkunjung ke tempat ini untuk mencapai gua mimpi.

Gua ini lengkap dengan stalaktit dan stalakmit yang
menjulur dari atas gua. Awalnya sedikit ragu ketika melihat lubang gua yang gelap. Panjang gua  mimpi sekitar 800m, memang termasuk panjang dan terlihat mengerikan. Disini benar-benar gelap tanpa ada cahaya sedikitpun, kecuali lampu senter dari pemandu yang membantu menerangi jalan. Stalaktit dan stalakmit yang meneteskan air bertonjolan di sana sini. Penunjuk jalan memperlihatkan stalaktit yang ketika disorot lampu senter berbentuk ayam jago, ada yang berbentuk kucing, lelehan coklat dan  muka bayi
Yang ketika disorot lampu senter stalaktit tersebut tampak menyeramkan. Ada juga stalaktit yang ketika dipukul berbunyi. Yang membuat perjalanan lebih mencekam adalah, jalanan yang licin dan berbatu serta banyak jembatan kayu yang sudah rusak. Di dalam gua juga terdengar cericit kelelawar yang banyak tergantung di atap gua. selain itu ada banyak spesies laba laba di dalam gua ini 


Karena berada di dalamnya kita serasa berada di alam yang tidak nyata. Ya seperti di dalam mimpi itulah. Gua ini pada awalnya ditemukan karena mimpi salah satu penduduk. 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Like this ya