Kata Abu, Jangan Jadi Anak Muda Palsu

07:17
Air Terjun Maddenge (Camba)
"Berikan aku sepuluh pemuda maka akan kuguncangkan dunia" kutipan kata dari presiden pertama republik Indonesia. Singkat, tegas, dan jelas. Maknanya dalam dan fokus sama pemuda. 

Mengapa harus pemuda? Mengapa bukan pemudi atau pemadam ? *ehh*.
Karena pemuda punya segudang potensi dan segudang kekuatan yang tidak dimiliki orang tua,*sudah pasti lah*. Yang muda, lebih kuat tenaga dari orang tua, tapi belum tentu lebih kuat pengalaman dan pengetahuan. 

"Talk less do more" - artinya kurangi bicara, perbanyak bertindak. Prinsip yang harus dipahami anak muda jaman sekarang. Meskipun sepertinya kata tersebut lebih mirip iklan rokok, tapi prinsip ini sudah banyak dianut dinegara negara lain, alangkah baiknya jika prinsip tersebut juga dikembangkan di negara kita khususnya bagi pemuda. Hal itu sangat berkaitan dengan pepatah produk lokal yang berbunyi "tong kosong nyaring bunyinya" banyak bicara yang tidak ada artinya. 

"Jangan jadi anak muda palsu" kata Abu, artis instagram yang tenar dalam film uang panaik mahar(l) Makassar. Kesannya lucu, tapi jika dipahami dari sudut pandang yang lain itu merupakan motivasi dan semangat bahwa pemuda memang punya segudang kekuatan yang harus terus dipacu, dan menjadikan masalah hidup sebagai landasan pacu agar bisa terbang.
Sebenarnya abu mengatakan hal tersebut untuk memotivasi temannya yang sama sama anak muda. Sebagai anak muda Bugis Makassar mereka tidak boleh patah semangat, berjuang demi apa yang diharapkan. Seperti kata pepatah Bugis Makassar "Sekali layar berkkembang, pantang biduk surut kembali" Artinya ;  Ketika kita sudah merealisasikan tekad/niat Maka, pantang bagi seseorang untuk menyerah (surut kembali). 

Anak muda masih punya tenaga berjalan ke masjid untuk melakukan shalat berjamaah, mengajak orang lain kedalam kebaikan dan bermanfaat dilingkungannya. Setidaknya sebagai pemuda bisa sedikit bedalah dari orang tua yang hanya menuntut kebaikan dari anak anaknya. Dialah yang  menjadi objek untuk menjadi baik. 

Yang muda yang berkreasi, *iklan lagi*.
Jadilah anak muda Asli, Jangan jadi anak muda palsu yang dituduhkan abu. Bukan hanya lumbung harta yang harus dikumpulkan, tapi lumbung pahala juga harus diprioritaskan dari muda.
semangatki anak muda.



























Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
8 March 2018 at 02:18 delete

bener tuh, mumpung masih muda, ntar kalau dah tua nyesel dulu knp egk jadi anak muda beneran

Reply
avatar

Like this ya