Hanya Ada Dua Pilihan, Jomblo atau Menikah

02:00

Jomblo atau Menikah

   
"Kasihan jomblo !!" 
Ungkapan itu sudah sangat sering terdengar di kalangan remaja dan pemuda/pemudi saat ini. Seolah status jomblo adalah bahan ejekan dan sebuah status yang kedengarannya sangat miris dan memprihatinkan. Adapun yang jomblo menganggap dirinya tidak laku, tidak ada yang membutuhkan dan tidak ada yang menarik dari dirinya, akhirnya putus asa dan tak tahu arah jalan pulang (bukan lirik lagu butiran debu). 
Sebenarnya mengekspresikan cinta dalam islam tidak mesti harus pacaran. Aktualisasi dari rasa cinta dalam islam hanya ada pada dua pilihan yaitu : Jomblo atau Menikah. Bagi teman teman yang ingin menjadi generasi muslim di era modern saat ini sangat disarankan untuk memilih dua jalan ini. Pasti akan ada banyak alasan dan penolakan mengapa harus memilih kedua alasan jomblo atau menikah ini. Berikut pandangan saya.

Mengapa harus jomblo ?
Jomblo seolah spesies langkah yang hampir punah, dan selalu tersingkirkan serta menjadi bahan bully di setiap sendi pergaulan anak muda saat ini. Padahal jomblo adalah suatu status yang sangat mulia. Karena dengan meyakini dan menjalani sifat itu, maka jomblo bisa dijadikan motivasi untuk menjadi pribadi yang lebih taat dan lebih luwes dalam bergaul. Jomblo bebas bergaul dengan siapa saja (asal sesuai syariat). Jomblo itu membuat hidup lebih nikmat dan lebih mudah dinikmati.  

Sebenarnya jomblo itu tidak ada salahnya, yang salah adalah orang orang yang mencemooh dan menghina si jomblo. kasihan kan. Cemohan dan hinaan datang silih berganti, bertubi-tubi bagai penjajah jepang yang menjajah nenek moyang kita dulu. siang malam tanpa henti tanpa hati nurani. Selain di lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat (baca : teman sepergaulan) juga mempermasalahkan status jomblo seseorang. Kembali ke sekolah / tempat kuliah, masih saja dihina dengan status jomblonya, yang lebih parah lagi di tempat kerja, seolah status bujang sudah punya tag khusus didahinya "BEBAS DIBULLY, KARENA MASIH JOMBLO ALIAS BUJANG" kan miris sekali. 

Cinta adalah naluri, yang murni dari Allah swt. sedangkan pacaran hanya dari hawa nafsu manusia. dan itu sama sekali  tidak boleh dipelihara oleh  remaja saat ini. Mengapa pacaran tidak baik bagi remaja ?.  karena itu akan merusak dirinya, masa depannya, konsentrasinya untuk beribadah dan berprestasi di usianya. Jomblo adalah status yang sangat disarankan untuk dipelihara oleh para remaja. Berbagai kasus negatif sudah banyak kita dengar hanya karena status berkedok "pacaran". 

Tidak perlu malu dengan status jomblo, malulah dihadapan Allah SWT yang maha melihat dan mengetahui perbuatanmu. Masa mudamu akan lebih berharga dengan menjaga diri dan menundukan hawa nafsu, jangan mau kalah sama godaan syetan. Ayo sama sama mengagalkan renacana syetan untuk menarik kita kedalam maksiat.  Jadilah pemuda yang membuat kagum pencipta, jangan jadi pemuda yang membuat kagum seorang wanita hanya untuk menggodanya, memanfaatkannya atas nama cinta dan pacaran lalu merusaknya. 

"Sesungguhnya Allah ta'ala benar-benar kagum terhadap seorang pemuda yang tidak memperturutkan hawa nafsunya" (HR. Ahmad)

adapun hadis lain yang menguntungkan buat para jomblo, berikut :

"Barang siapa yang belum mampu menikah, maka berpuasalah, karena dengan berpuasa dapat menjadi penghalang (benteng) untuk melawan nafsu." (HR. Bukhari, Ibnu Majah dan Tirmidzi). 

Banyak hal positif yang lebih produktif yang bisa dilakukan oleh para jomblo tanpa harus mengharap pamrih dari  seseorang yang disebut "pacar". Lakukan saja hal hal dengan ikhlas, insya allah hanya Allah SWT yang berhak menilai. Dan hanya kepada Allah SWT kita harus takut, tunduk dan patuh. 

Mengapa harus menikah ?
 "Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kamu sekalian yang telah mampu, maka hendaklah menikah, karena sesungguhnya menikah itu dapat menundukkan pandangan dan memelihara kemaluan, dan barangsiapa yang belum mampu menikah, maka berpuasalah, karena dengan berpuasa dapat menjadi penghalang (benteng) untuk melawan nafsu."  (HR. Bukhari, Ibnu Majah dan Tirmidzi). 

Seperti kata pertama dalam hadist diatas, "wahai para pemuda" menikah sebaiknya untuk para pemuda yang mapan dari segi kelayakan harta dan iman, belum berlaku bagi para remaja yang masih usia produktif untuk belajar dan mengejar mimpi serta cita citanya. Jika dirimu sudah mampu/mapan dalam segi harta dan iman serta kedewasaan maka sangat dianjurkan menikah. Karena dengan menikah banyak hal yang menguntungkan misalnya menjaga hawa nafsu dan melampiaskan kepada hal yang diridhoi Allah. Dengan menikah maka separuh agama telah terpenuhi. 

"Lebih baik sendiri dalam takwa dari pada berdua dalam dosa" Itu prinsip mantap buat teman teman yang masih memilih menjomblo, tapi yang sudah mantap untuk menikah mungkin lebih  baik semboyan itu di remake sedikit "Lebih baik berdua dalam membangun surga dan proses taat, dari  pada menjadi mayat yang hina karena tak mau menikah". 
"Seburuk buruk kalian adalah yang tidak menikah, dan sehina hina mayat kalian adalah yang tidak menikah" (HR. Bukhari)

Keistimewaan menikah sangat banyak, proses perhitungan pahalanya pun berlipat ganda dari pada si jomblo. Berpandangan (penuh nafsu) dengan yang bukan mahram membangun dosa. Sedangkan berpandangan dengan pasangan halal akan menambah pahala, begitupun dengan berjabat tangan, jika bergandengan dengan lawan jenis yang bukan mahram maka akan menambah pundi pundi dosa, sedangkan dengan  pasangan halal akan mengugurkan dosa. Nah pilih mana, pacaran atau menikah ?. 

Sangat jelas pacaran tidak ada artinya buat kita sebagai remaja/pemuda islam. Itu hanya budaya barat yang mereka upayakan menjadi  trend  untuk mengalihkan dunia para generasi islam, agar mereka melupakan pencipta dan agar mereka mengurangi waktu untuk mempersiapkan kematian. 

Tidak ada pilihan untuk pacaran, yang ada hanya jomblo atau menikah. Jika masih ingin berprestasi dan berbakti kepada kedua orang tua, maka menjomblolah, tapi jika ingin membangun surga dan menyempurnakan separuh  agama maka menikahlah, dan jika ingin menikah  tapi belum punya modal maka jaminkanlah BPKB motor anda ehh salah, maka berpuasalah, karena sesungguhnya  berpuasa bisa menjadi benteng hawa nafsumu. 
Salam pemuda muslim. 

Syukron, 11 Maret 2017 di - Teras BM.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
Unknown
AUTHOR
9 December 2018 at 20:34 delete

Hai Calon Pengantin ~
Percayakah kalian bahwa melangsungkan pernikahan tidak perlu ribet dan mahal? Dengan memakai jasa Wedding Organizer HIS Graha Elnusa, Anda bisa melangsungkan pernikahan ALL IN PACKAGE bergaya elegant di Jakarta Selatan dengan harga dibawah rata-rata dan dapat CASHBACK 35 Juta juga lho!

Mau tahu berbagai jenis Wedding Packagenya? Langsung saja kunjungi www.hisgrahaelnusa.com dan pantau terus update terbaru kami di Instagram @his_grahaelnusa.

> For more info please contact Marketing HIS Wedding Graha Elnusa 083873396243 (RATIH) atau datang langsung ke kantor HIS di Graha Elnusa Lt.2, Jl.TB. Simatupang Kav.1B, Cilandak Timur.

Reply
avatar
cinta pertama
AUTHOR
19 February 2019 at 07:11 delete

saya lg bingung luar biasa.. saya umur 42 thn msh nganggur dan jomblo. dulu thn 2003 saat msh kerja di bdg saya sering dimutasi, diremehkan teman dan atasan krna otak dan tenaga saya payah shg saya tdk betah dan mengundurkan diri, nyari kerja lg baru sebentar dipecat krna tdk becus kerja. di kampung buka usaha kecil kecilan bangkrut, jualan online tdk laku.. dulu saya di bdg kalau nyari jodoh sering ditolak cewe, diremehkan cewe, dibohongi teman, dimanfaatkan teman, diancam org, dipukul orang dll.. di kampung nyari jodoh tambah sulit krna sepi dan cewe yg jarang ada yg cantik, kalau ada yg agak cantik saingannya bnyk.. akibatnya saya selama 15 thn tiap hari marah marah, berkata kotor, susah tidur, kdng banting barang barang, sering berdoa yg buruk buruk dll. apa saya kena gangguan ghaib? dulu kakek dan uwa saya paranormal sakti.. saya sdh 12thn agak rajin ibadah tp nasib tdk berubah.. dulu thn 2003 saat merantau ke bdg saya melamar cewe nama nya nur (andir ciparay), tp lamaran saya ditolak, saya sampai skrng blm mampu melupakan dia. yg bikin saya cinta mati dg nur krna dia cantik, pendiam, lugu, rajin sholat, tdk matre, jarang keluyuran, dia juga jadi tulang punggung keluarga krna ortu nya petani miskin. saya mengira nur jodoh saya, krna saya kalau ada di dkt dia hidup saya semangat, hati saya damai, tp ternyata dia cewe yg paling sulit saya dapatkan. saya ngejar dia 2 thn (2001-2003) tp saya ditolak habis habisan pdhl dia sdh putus dg pacarnya. saya bilang kpd dia saya tdk akan nikah atau akan bunuhdiri jika dia menolak saya terus, tp dia tetap menolak saya. nur mentang2 cantik shg sombong dan jual mahal. saya pernah diusir sama dia saat saya main ke rumahnya, mungkin dia sdh dipelet cowok lain shg kelakuan nya spt kemasukan jin. . dia memuja cowoknya dan dia meremehkan saya. saya nyari cewe yg lain gagal lg. saya ditolak lagi, dibohongi teman, dimanfaatkan teman dll saat nyari cewe. saya sdh pernah ditolak cewe 7x. bukan krna saya kurang ganteng tp krna saya cupu dan loyo. cewe suka cowo yg jantan atau yg mapan. thn 2005 saat nur sdh nikah dg mantan pacar nya saya sering kirim surat ancaman kpda dia shg dia keguguran 3x krna sakit hati, kemudian thn 2009 dia cerai dg suaminya dan nur mencari cari saya supaya saya melamar dia, tp saya tdk berani datang krna saya yg merusak rumah tangga dia. selain itu saya sdh di kampung tdk merantau ke bdg lagi. tp saya sdh minta maaf kpd nur lwt surat. krna dulu saya lg stres berat krna saya merantau ke bdg sering dijahati org dan sering ditolak cewe. kemudian saya pulang kampung saya nganggur dan jomblo berthn thn. kalau nur bukan jodoh saya, kenapa saya seumur hidup cuma mencintai dia seorg. kpda cewe lain saya tdk pernah bsa mantap.. saya selalu ragu, minder dll.. saya yg berjuang dan berkorban mati matian utk mendapatkan nur, saya tdk dpt apa apa, tp cowok lain yg nyantai malah bsa nikah dg dia. alloh dg enteng memberi siksaan kpd saya tp alloh spt berat atau enggan melepaskan saya dari siksaan ini. mungkin krna saya cucu dukun sakti shg nasib saya sial terus. meski saya terus meningkatkan ibadah tp nasib tdk pernah berubah. saya sejak kecil sering dibully teman. ada yg bilang saya bodoh dan lemah, manusia aneh, tdk punya masa depan, tdk berguna dll..saya kalau dihina, ditipu, dipukul, difitnah saya msh agak tegar tp saya ditolak cewe, terutama cewe yg sangat saya cintai saya langsung terpuruk.. lama kelamaan saya jd males ibadah, buat apa saya menyembah tuhan yg kejam kpda saya.. di kampung saya atau di perantauan, cewe cantik, pendiam, rajin sholat biasa nya dptnya kok cowo yg suka ugal ugalan, mungkin cowo spt itu jantan, pemberani dll.. cowo cupu dan letoy spt saya sulit dpt cewe apalagi yg cantik.. meski saya baik, jujur, setia dll..

Reply
avatar
29 June 2019 at 23:37 delete

Waalaikum salam kak. Setelah membaca kisah kakak diatas,saya turut prihatin. tp, kejadin sperti itu hnya bisa dijadikan pengalaman untuk tdk mengulang kesalahan yg sama dimasa depan. dan melakukan hal2 yg lebih bermanfaat. Kembali mengutip hadist dari artikel yang saya buat diatas bahwa.
"Sesungguhnya Allah ta'ala benar-benar kagum terhadap seorang pemuda yang tidak memperturutkan hawa nafsunya" (HR. Ahmad)"

Menurut saya, kekaguman kk pada Nur merupakan suatu nikmat naluriah yang alami dan dialami oleh laki laki normal kpd seorang wanita. Tapi diluar kehendak, Allah selalu menyiapkan rencana terindah dibalik rencana qt sebagai manusia biasa. Kembali qt introspeksi diri atas tindakan2 dluar kendali klau sampai merusak hubungan seseorang.

Persoalan mencintai seseorang dan tdk bsa mencintai org lain, kembali qt tanyakan kpd diri sendiri, siapakah yg lebih pantas qt cintai selain Allah dan Rasulnya serta kedua org tua yg mati2an membesarkan qt. Persoalan jodoh serahkan saja sama Allah. karena Allah telah mencatat jodoh, rejeki, dan ajal qt 50.000 thn sebelum bumi diciptakan. tugas qt hanya memperbaiki dan mempersiapkan diri.

pernah nonton film terbaliknya kapal vanderwick? di film itu zainuddin cinta mati sama seorang wanita tp wanita itu menikah dngn pria lain melalui perjodohan. zainuddin meratapi hal tersebut beberapa hari saja. setelah itu dia berfikir tdk ada gunanya meratap. Semangat hidupnya kembali tumbuh. melupakan masa lalu dan bangkit lalu sukses menjadi pengusaha besar. justru dri pengalaman terburuk itu dia tambah semangat dan menjadi cambuk untuk tidak mengulang kesalahan yg sama.

Persoalan krn antum keturunan dukun sakti.. ada baiknya saya sarankan untuk ikut rukyah. seperti yg sering ditayangkan di MNC tv. yg dibawakan oleh ust Danu. sertinya disetiap daerah sudah bnyak tersebar ustd2 yg bisa merukyah, tp saran saya cari yg syar'i.

Reply
avatar

Like this ya