Membiasakan diri Dengan Keajaiban Sholat Dhuha

04:59



Kebiasaan yang baik adalah kebiasaan yang dilakukan atas landasan agama, dan sesuai dengan tuntunan agama. Salah satu kebiasaan yang harus dibiasakan adalah "Sholat Dhuha". 
Jika kita membiasakan diri untuk sholat dhuha usahakan bangun pagi pagi agar rejeki tidak dipatok ayam. Bagi para pekerja dan susah mengatur waktu untuk sholat dhuha diharapkan bisa mensiasati waktunya dengan baik. Bangun pagi, dan lakukanlah sholat sebelum berangkat kerja, lebih baik melakukannya sebelum berangkat karena dikhawatirkan akan terburu buru untuk melanjutkan pekerjaan jika sudah berada dikantor. Jika masih dirumah kan, belum ada angan - angan semu untuk bekerja.

Sholat Dhuha merupakan sholat yang dilakukan untuk mendapat ridho dan rejeki dari allah sepanjang hari. kita sebagai umat muslim disunnahkan setiap hari. Menurut ahli fikih dhuha adalah waktu di antara saat matahari mulai naik hingga ketika matahari mulai condong Kira-kira, ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya kurang lebih jam 7-8 pagi hingga waktu dzuhur.. Jadi shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu tersebut. 

Keutamaannya.
  • Pemberian rezeki yang cukup oleh Allah sepanjang hari.
  • Mendapat pahala sebagaimana mengerjakan haji dan umrah
  • Sebagai amalan berbentuk sedekah
  • sebagai shalatnya orang yang bertaubat
Adapun waktu waktu yang diharamkan untuk melakukan sholat dhuha adalah
Waktu-waktu haram yang mengapit shalat Dhuha:
1. Waktu haram #1 = sesudah Shalat Subuh hingga matahari bersinar, atau kurang lebih sejak jam 06:00 AM hingga 07:45 AM
2. Waktu haram #2 = ketika hampir masuk waktu Zuhur hingga tergelincir matahari, atau kurang lebih jam 11:30 AM hingga 12:00 PM

Dari Zaid bin Arqam, bahwa ia melihat orang-orang mengerjakan shalat Dhuha [pada waktu yang belum begitu siang], maka ia berkata:
“Ingatlah, sesungguhnya mereka telah mengetahui bahwa shalat Dhuha pada selain saat-saat seperti itu adalah lebih utama, karena sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Shalatnya orang-orang yang kembali kepada ALLAH adalah pada waktu anak-anak onta sudah bangun dari pembaringannya karena tersengat panasnya matahari”. [HR. Muslim]
 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Like this ya