Kekinian Katanya

05:47


Kekinian selalu berhubungan dengan gaya dan perangkatnya (baca : aksesoris). Mengikuti jaman adalah hobinya. Gaya terbaru adalah hal yang selalu diupdate. Browsing, baca majalah mengikuti gaya kebarat baratan dan menjadi fashionable serta jadi trend setter adalah tujuannya. Sehingga orang lain bisa mengatakan “wooww” atas keberhasilan gayanya. Tak jarang pula dia mendengar kata keren dan cool dari seorang yang mengaguminya.

Dunia memang tempat untuk terlena, dan manusia adalah objek untuk dilenakan yang memiliki peringkat nomor satu. Dalam al-qur'an ada yang menjelaskan bahwa, harta, wanita dan tahta adalah sumber  pelenaan manusia di dunia. Di dalam harta ada banyak sekali pernak pernik termasuk yang dijelaskan di awal, sangat memiliki peran besar dalam upaya meningkatkan kemalasan manusia untuk beribadah, sibuk mencari harta dan menghabiskannya lagi. siklus itu yang terus terulang, hingga jarang membuat manusia mengingat allah.

Juga wanita, adalah mimpi indah yang nyata yang juga mampu menciptakan kreatifitas negatif untuk mendapatkannya dengan berbagai cara. Apalagi tahta (jabatan), juga salah satu hal kekinian yang paling dekat dengan para pemangku jabatan yang memanfaatkan suara rakyat. Menjual janji janji yang mustahil untuk ditepati dan memaksa untuk korupsi.

Sesaat.

Ketika mereka tersadar, jika terus melakukan hal yang demikian, melakukan ritual khusus, menghabiskan banyak waktu dengan berbuat sesuai kehendak hati mereka, tak ingin diatur dan tak ingin terikat. Menghabiskan banyak waktu diliuar. Jarang memperdulikan urusan keluarga, apalagi urusan ibadah.

Suatu saat mereka pasti sadar.

Allah maha pengampun.

Mungkin saja hanya waktu yang belum berpihak pada mereka. Saat mereka belum dibubuhi tanggung jawab yang besar. Bukan untuk orang lain. Tapi untuk mereka sendiri. Tanggung jawab terhadap diri dan kehidupan. Dan tanggung jawab sebagai perantau di muka bumi ini.

Mungkin hanya waktu yang belum mereka sadari. Di usia baligh. Tanggung jawab itu bukan lagi urusan orang tuamu. Di usia baligh. Otakmu akan tumbuh sempurna, terlebih otak lelaki yang lebih besar. Untuk apa?.  Untuk membantumu membedakan yang mana yang benar dan yang mana yang salah. Bukan berusaha membenarkan yang salah dengan memanfaatkan sifat maha pengampunnya Allah. Naudzubillah.

Harta tidak akan dibawa mati. Sudah menjadi hal yang lumrah dibicarakan oleh orang orang sadar. Tapi kebanyakan orang sadar itu tak paham artinya. Hanya sekedar ucapan. Sudah tahu harta tidak akan ikut sampai ke akhirat. Masih saja berjuang mempertahankan hal yang salah di nuraninya untuk mengejar harta dunia yang hanya dinikmati di dunia saja.

Masih dengan waktu yang belum berpihak katanya. Entah kapan ia akan sadar. Entah kapan ia akan mencoba memperdulikan bahwa dia hanya seorang perantau yang harus memenuhi beberapa syarat agar dia bisa kembali kekampung halamannya dengan membawa oleh oleh yang besar. Oleh oleh yang bisa mengantarkan dirinya dan keluarganya menuju kenikmatan yang sesungguhnya. Apalagi yang mampu membagi oleh oleh tersebut ke kerabat dan tetangga terdekat. Amin

Kekinian.

Sudah menjadi hal yang  biasa punya gadget keren. Tapi menjadi hal yang luar biasa ketika kamu mampu membiaya hidup kamu sendiri di usia muda. Itulah gaya kekinian yang asli. Membiayai kuliah (pakai beasiswa / kerja sendiri) itulah gaya kekinian yang seharusnya dipelihara. Jadi anak yang berbakti kepada keluarga serta peduli kepada sesama, itulah gaya kekinian yang penuh kenikmatan.
Saya pernah baca status postingan dari teman yang diedit pakai foto anak muda yang bekerja keras dan dijadikan meme yang tulisannya “Disaat orang orang seusiaku bersenang senang. Aku lebih memilih bekerja keras”.  That’s right. Tipe anak muda yang penuh tanggung jawab. Kerja apapun yang penting halal. Tetap menjalankan ibadah sebagai hamba dan tetap semangat dengan kurasan keringatmu. Semangat anak muda.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Like this ya